Minggu, 31 Oktober 2010

PENYEBAB CACAT MENTAL

Pada umumnya, terdapat banyak faktor yang diduga berpengaruh terhadap kelahiran anak dengan cacat mental selama ibu mengandung seperti halnya obat-obatan, kekurangan gizi, stres, dan lahir prematur, dapat berpeluang terhadap akibat bayi terlahir cacat mental ataupun fisik.
Memang betul, bayi terlahir cacat tersebut merupakan suatu musibah yang datang dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Tetapi manusia diharuskan untuk menggunakan akalnya untuk mencegah kejadian tersebut.
Selama janin berproses dalam kandungan, dari tahap pertama ke tahap berikutnya, telah diketahui ada masa2 peka. Pada masa ini, terdapat tahap tertentu yg sangat membahayakan bagi perkembangan janin.
Jika pada masa peka ini terjadi benturan dengan zat2 tertentu akan menyebabkan keguguran atau bayi terlahir cacat. Demikian halnya, jika selama kehamilan si ibu mengalami stres berat maka akan berpeluang besar terhadap proses kelahiran dan anak akan mengalami kelainan.
Dalam upaya menghindari bayi terlahir cacat maka setidaknya ada beberapa hal yg harus diperhatikan oleh ibu hamil. Dan ini akan menentukan kesehatan atau cacat bayi sejak bulan pertama hingga akhir kehamilan.
Pertama, hindari kebiasaan meminum obat tanpa sepengetahuan dokter. Di samping itu, penyinaran rontgen yg berlebihan juga sangat berbahaya. Biasanya akibat yg akan dialami anak adalah gangguan terhadap gerakan motorik. Semakin banyak penyinaran rontgen maka dampak yg akan ditimbulkan akan semakin besar.
Kedua, hindari ketegangan emosional. Ketiga, hindari sikap penolakan atau bersikap negatif terhadap janin.
Bersikap menolak terhadap kehamilan akan berpeluang terhadap kecacatan sikap & perilaku anak kelak dalam hidupnya. Sebab, dengan adanya sikap penolakan maka akan berpengaruh terhadap cara pengasuhannya kelak.
Setelah mengetahui beberapa bahaya bayi dalam kendungan, seharusnya dijadikan pijakan. Ibu yg sedang hamil harus berhati-hati, kecacatan anak akibat orang tua akan berakibat fatal hingga di hari tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar