Sabtu, 29 Januari 2011

MACAM-MACAM KOMPONEN FISIK

1. Kekuatan (strength)
Sajoto (1988:6), mengatakan bahwa “Kekuatan (strength) adalah komponen kondisi fisik seseorang tentang kemampuannya dalam menggunakan otot untuk menerima beban sewaktu bekerja”. Menurut Harsono (1988:178), Strength adalah kemampuan otot untuk membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan”

2. kelentukan (Fleksibeliti)
kelentukan (Fleksibelitas) adalah kemampuan untuk melakukan gerakan dalam ruang gerak sendi”. (Harsono, 1988:163). daya lentur (Flexibility) adalah efektivitas seseorang dalam penyesuaian diri untuk aktivitas dengan penguluran tubuh yang luas”. (Sajoto, 1988:17).

3. Daya tahan (endurance)
daya tahan adalah seorang atlet yang mampu untuk mengatasi kelelahan pada organisme tubuh selama melakukan kegiatan tersebut ( Josef Nossek. 1982.48)

4. Kecepatan
Kecepatan yaitu kemampuan untuk menempuh jarak tertentu dengan waktu sesingkat-singkat mungkin. (Bompa 1999).

5. Daya
daya ledak adalah kemampuan olahragawan untuk mengatasi tahanan dengan suatu kecepatan kontraksi tinggi (Harre, 1982:102). Daya ledak ialah kemampuan sebuah otot atau sekelompok otot untuk mengatasi tahanan beban dengan kekuatan dan kecepatan tinggi dalam satu gerakan yang utuh (Suharno HP, 1984:11)

6. Kelincahan
menurut Suharno HP (1983 : 28) mendefinisikan kelincahan adalah kemampuan dari seseorang untuk merubah posisi dan arah secepat mungkin sesuai dengan situasi yang dihadapi.

7. Keseimbangan
Balance, Kemampuan seseorang mengendalikan organ-organ syaraf otot.
http://guruolahraga.com/pendidikan-jasmani/komponen-kebugaran-jasmani.ari

8. koordinasi
Coordination, Kemampuan seseorang mengintegrasikan berbagai gerakan yang berbeda kedalam pola gerakan tunggal secara efektif.
http://guruolahraga.com/pendidikan-jasmani/komponen-kebugaran-jasmani.ari

9. Reaksi
Reaction, Kemampuan seseorang untuk segera bertindak secepatnya dalam menanggapi rangsangan yang ditimbulkan lewat indera
http://guruolahraga.com/pendidikan-jasmani/komponen-kebugaran-jasmani.ari

10. koposisi tubuh
Komposisi tubuh dapat didefinisikan sebagai prosentase relative dari lemak tubuh dan massa tubuh (sasmita:IKD)

2 komentar: